diet

Mau Tahu 5 Tips Tentang Cara Diet yang Sehat dan Alami ?

cara diet yang sehat

Setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Terutama bagi kaum hawa yang mendambakan tubuh yang langsing dan ramping dengan berat badan yang ideal. Bagi sebagian orang yang memiliki berat badan di atas normal atau kurang ideal, biasanya mereka mencoba melakukan berbagai cara dan upaya apapun untuk mendapatkan tubuh langsing atau ideal, seperti yang mereka dambakan. Salah satunya adalah dengan cara diet yang sehat dan juga alami.

Diet memang  merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, akan tetapi ada sebagian orang yang menginginkan hasil yang cepat, sehingga mereka melakukan diet yang tidak sehat dengan mengonsumsi obat diet berbahan kimia yang belum tentu aman bagi tubuh seperti  obat – obatan pelangsing  yang banyak bertebaran di social media atau dengan menggunakan metode sedot lemak. Hal itu dilakukan karena metode tersebut dapat menghilangkan lemak di tubuh dalam waktu yang singkat. Namun perlu kamu ketahui bahwa cara tersebut berbahaya bagi kesehatanmu.

cara diet yang sehat

Resiko dari Diet Cepat

Penurunan berat badan secara cepat cenderung tidak akan bertahan lama. Selain itu, orang menghilangkan berat badan dengan cepat akan beresiko mengalamai masalah kesehata senagai berikut :

1.  Tubuh menjadi lemas dan mudah lelah

Pada umumnya, oran yang ingin menurunkan beratbadan dengan cepat akan makan dalam porsi yang lebih sedikit atau memaksakan diri untuk tidak makan sama sekali. Kondisi ini akan membuat tubuh kekuranfan kalori sehingga mudah lemas dan lelah. Otomatis akan menghambat aktivitas kamu.

2. Kurang nutrisi dalam tubuh

Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup seperti karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan protein dalam jumlah yang ideal agar dapat berfungsi dengan baik. Namun ketika ingin berat badan cepat turun, Kamu cenderung mengurangi ata bahkan menghilangkan beberapa nutrisi seperti karbohidrat dan lemak. Padahal tubuh kamu juga membutuhkan itu lho, agar tetap sehat dan tidak rentan terserang penyakit.

3. Rusaknya jaringan otot

Cara diet yang di lakukan dengan ekstrim dan cepat tidak membakar lemak, melainkan membakar otot – otot dalam tubuh sehingga merusak jarinngn otot tersebut.

4. Berat badan cepat naik kembali

Diet yang cepat tidak memberikan kesempatan untuk ,elatih tubuh membakar kaloru dalam jumlah banyak. Padahal untuk mencapai hasil yang bertahan lama,diperlukan perubahan gaya hidup secara bertahap dan menyeluruh, mulai dari berolahraga hingga pengaturan pola makan. Diet cepat membuat makanan yang kamu makan tidak terbakar secara optimal sehingga berat tubuh akan kebali naik.

5. Ganguan tubuh lainnya

Banyak penyakityang dapat menyerang kamu apabila melakukan diet dengan cepat, antara lain sakit kepala, konstipasi, rambut rontok, dan menstruasi yang tidak teratur.

Banyak orang yang merapkan cara diet yang sehat untuk memiliki tubuh dan berat yang ideal. Faktor utama yang harus kamu lakukan adalah mengatur pola makan. Tetapi sayangnya, banyak orang yang menganggap diet itu mengurangi porsi makan atau malah tidak makan sama sekali. Alih – alih mendapat tubuh langsing dan ideal yang diidamkan, malah tubuh menjadi tidak fit.

Perubahan pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan secara cepat beresiko membuat kamu mengalami gangguan kesehatan.  Usaha keras yang tidak sehat ini juga tidak memungkinkan perubahan gaya hidup berkelanjutan yang bertujuan untuk menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka panjang. Maka berikut kesalahan yang pada umumnya kamu lakukan saat diet.

cara diet yang sehatcara diet yang sehat

Kesalahan yang Umum Kamu Lakukan Saat Diet

1. Sengaja melewatkan makanan utama

Penelitian membuktikan bahwa orang yang teratur sarapan, makan siang dan makan malam lebbih dapat menjaga berat badan ideal. Sarapan dengan memakan makannan yang mengandung cukup serat dan protein dapat membuat kamu merasa kenyang hinggga waktu makan siang tiba. Disaat kamu melewatkan makan utama membuat kamu akan cenderung mengonsumsi makanan ringan di sela-sela waktu makan utama kamu.

2. Menyepelekan kandungan makanan ringan

Cara diet yang sehat ke dua adalah jangan menyepelekan kandungan makanan ringan. Kadang makanan ringan tertentu jumlah total kalorinya bisa melebihi kalori yang seharusnya kamu konsumsi. Memeriksa label nutrisi pada kemasan makanan dapat membantu kamu memperkirakan jumlah kalori yang seharusnya kamu konsumsi.

3. Tidak mengonsumsi makanan ringan

Menyantap makanan ringan yang berkalori tinggi memiliki resiko, yaitu membuat diet gagal. Namun ternyata ada makanan ringan tertentu yang sehat dan berkalori rendah justru dapat membuat orang jauh dari rasa lapar. dan sehingga mampu menjaga berat badan ideal. Makanan ringan yang kaya dengan protein seperti kacang almond dapat menjaga metabolisme tubuh tetap bekerja maksimal.

4. Kurang minum air mineral dan meminum minuman tinggi kalori

Orang yang sedang diet cepat cenderung menghindari konsumsi makanan berkalori tinggi, bahkan ada yang mengira bahwa konsumsi air mineral dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal air mineral merupakan unsur terpenting dalam pembakaran kalori. Sebagai gantinya, mereka mongonsumsi lebih banyak minuman manis. Padahal jumlah kalori dalam minuman tertentu seperti coklat panas dengan krim dan minuman bersoda tidak kalah banyak dibandingkan makanan. Itu dia cara ke empat dari cara diet yang sehat yang wajib kamu tahu.

5. Menetapkan target diet yang tidak realistis

Selain membuat frustasi karena keinginan tidak tercapai, menargetkan untuk menurunkan berat badan hingga 5 kilogram seminggu dapat membuat Anda berniat melakukan segala cara, termasuk cara tidak sehat untuk mencapainya.  Stres karena target yang tidak tercapai justru dapat memicu Anda untuk makan lebih banyak lagi.

Cara diet yang sehat tidak hanya membuat kamu mendapatkan berat badan yang ideal, tapi juga memiliki tubuh yang sehat. Melalui cara diet yang tepat dan sehat, memperoleh  berat badan yang ideal sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Kamu tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, atau bahkan membuat dirimu kamu kelaparan.

cara diet yang sehat

Cara diet yang sehat

1. Menentukan target yang realistis

Hal kecil dengan menargetkan hasil yang akan di capai menjadi kunci sebagai langkah menuju perubahan gaya hidup. Selain itu, menetapkan target realistis secara rutin dan berhasil memenuhinya akan membuat Anda merasa positif. Misalnya, jika kamu suka sekali mengonsumsi gorengan tiap hari, targetkan untuk tidak mengonsumsinya dalam waktu seminggu. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang sehat seperti.

2. Mengurangi konsumsi makanan instant dalam kemasan

Makanan kemasan, makanan siap saji dan makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan kamu. Jadi alangkah baiknya mengurangi atau bahkan menghindari makanan tersebut saat kamu sedang menjalankan program diet.

3. Pilih makanan yang diolah tanpa minyak

Kamu tahu sendiri kan, makanan yang digorengan dengan menggunakan minyak mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang dikukus atau di rebus. Mengkukus dan merebus makanan tidak menghilangkan nutrisi yang di kandung dari pada menggorengnya.

4.  Rajin berolahraga

Salah satu kegiatan yang menjadi kunci dalam keberhasilan menjalani diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Tidak perlu terforsir dengan berolahraga cukup kamu lakukan secara rutin di sela aktivitasmu sehari- hari.

5. Melakukan kebiasaan baik

Kebiasaan baik sederhana berikut dapat membawa manfaat besar jika kamu lakukan secara konsisten dan dalam jangka waktu yang panjang

  • Mengonsumsi air mineral yang cukup dan teratur.
  • Jangan melewatkan makanan utama, terutama sarapan.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  • Menjaga pola makan.
  • Mengunyah makanan dengan benar.

Mudah bukan cara diet yang sehat ? bagi kamu yang sedang diet, semoga dapat menjalankan diet yang sehat dan mendapatkan hasil maksimal selama target yang telah kamu tentukan sendiri.