Tips dan Trik

Inilah Rekomendasi Pakar..!!! Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

cara memutihkan kulit wajah secara alami

Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami – Memiliki wajah yang putih dan berseri menjadi dambaan semua orang, khususnya bagi kaum hawa. Bagi seorang wanita pasti ingin memiliki kulit wajah putih dan bersih. Untuk sebagian orang kulit wajah sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Seorang wanita dengan kulit putih bersih dan berseri pasti memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi didepan khalayak umum. Selain itu wajah menjadi daya pemikat utama para lelaki untuk memilih wanita menjadi kekasihnya, pasti banyak lelaki yang menginginkan memiliki kekasih wanita dengan kulit wajah cantik, putih dan bersih.

Oleh karena itu banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam dalam untuk mendapatkan kulit putih dan bersih. Banyak cari yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang yang putih bersih dan mempesona. Mulai dari perawatan tradisional biasa hingga perawatan khusus di klinik kecantikan ternama. Atau melakukan perawatan di rumah dengan membeli produk – produk kecantikan, seperti krim pemutih.

Tidak ada larangan untuk menggunakan krim pemutih, tapi pastikan krim yang Anda pakai aman bagi kulit wajah Anda. Untuk memastikan keamanan krim pemutih wajah cara yang paling mudah adalah pastikan terdapat label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jika krim anda tersebut memiliki label BPOM tersebut, Anda bisa menggunakannya karena telah lolos uju pemakaian dan aman untuk Anda gunakan.

Memiliki kulit wajah putih bersinar memang akan membuat pemiliknya makin percaya diri dan kian mempesona. Namun bukan hal mudah dan cepat untuk mendapatkan kulit wajah putih mempesona. Banyak hal yang mempengaruhi kecantikan dan kebersihan kulit seseorang.  Jadi buat apa Anda bersusah – payah untuk memutihkan wajah, tapi anda belum mengetahui hal – hal yang dapat memudarkan kulit wajah anda. Simak faktor penyebab kulit wajah kusam sebelum cara memutihkan kulit wajah secara alami.

8 Faktor Penyebab Kulit Wajah Kusam

cara memutihkan kulit wajah secara alami

1.  Kamu Kurang Melakukan Eksfoliasi

Apa sih eksfoliasi ? Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit wajah. Ini berguna untuk membantu menjaga kebersihan kulit wajah, sehingga wajah tidak terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati. Proses ini biasa dilakukan dengan treatment seperti facial, microdermabrasion atau chemical peels.

Mungkin menurut Kamu mencuci muka dua kali sehari merupakan rutinitas yang cukup untuk melindungi kulit. Namun, ada satu langkah penting yang harus ditambahkan, yaitu eksfoliasi atau pengelupasan. Berdasarkan penelitian dari Dr Kenneth Howe, seorang dermatologis di Wexler Dermatology, penyebab paling umum dari kulit kusam adalah kekeringan. Kulit kering harus mengelupas, sehingga menghasilkan kulit yang segar dan cerah.

Eksfoliasi juga dapat membuat kulit menyerap lebih baik produk yang diaplikasikan kepadanya. Jadi, Kamu tidak perlu heran jika mendapatkan hasil lebih maksimal dari produk yang selama ini digunakan, setelah melakukan eksfoliasi. Ingatlah untuk menjaga kulit baru Kamu dengan baik, untuk menghindari peradangan atau iritasi.

2. Kulit Kurang Kelembapan

Ketika Kamu telah melakukan eksfoliasi, maka kulit baru akan memerlukan kelembapan. Proses ini terjadi pada lapisan mikroskopis, lapisan yang biasanya mengalami keretakan atau biasa Kamu sebut sebagai kusam. Dengan menggunakan pelembap, Kamu mengisi celah yang ada dengan lipid atau lemak alami kulit, sehingga menghilangkan kesenjangan antar sel kulit dan membuat permukaan kulit menjadi halus dan tampak bersinar.

Beberapa ahli kulit menyarankan untuk memakai pelembap dengan bahan-bahan seperti ceramides. Ceramides dapat membantu memperbaiki fungsi kulit, meningkatkan kadar air, dan asam hyaluronic, yang dapat menyebarkan air ke jaringan di sekitarnya.

Bagaimana Kamu mengaplikasikan pelembap di wajah itu masalah penting. Oleskan pelembap dengan lembut mulai dari leher ke atas untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sel-sel di bawahnya. Hal ini dapat melepaskan oksigen ke permukaan kulit, sehingga wajah Kamu terlihat lebih sehat dan terhidrasi. cara memutihkan kulit wajah secara alami

3. Kamu Kurang Meminum Air

Jika Kamu dehidrasi, itu juga pasti mempengaruhi kulit. Dehidrasi dapat menurunkan volume aliran darah ke kulit, yang akan membuat Kamu terlihat pucat dan sakit-sakitan. Banyak dari Kamu mungkin berpikir bahwa dehidrasi adalah masalah kecil yang akan teratasi hanya dengan minum segelas air atau memakai pelembab. Namun ternyata dehidrasi adalah masalah kulit jangka panjang, yang membuat kulit kehilangan asupan air yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kulit sehat abadi.

Dehidrasi juga mempengaruhi cara Kamu memakai kosmetik. Sebagian besar sel kulit terdiri dari air, sehingga mereka dapat bekerja paling baik dalam kulit yang terhidrasi. Ini berarti mereka masih dapat bekerja ketika kadar air rendah. Kulit dehidrasi dibagi menjadi tiga, yakni dehidrasi epidermal, dehidrasi dermal, atau keduanya. Dehidrasi epidermal ditunjukkan dengan munculnya garis-garis halus. Sedangkan dehidrasi dermal menyebabkan kulit keriput dan kendur. Singkat cerita, apabila Kamu tidak ingin keriput, mulailah minum air lebih banyak.

4. Stress

Jika semua perawatan kulit dari luar telah Kamu lakukan, tapi tidak menyebabkan perubahan besar, mungkin masalahnya bukan di dalam tubuh, melainkan di pikiran. Ketika berbicara tentang stress itu juga memiliki pengaruh besar terhadap kulit Kamu. Stres menyebabkan peningkatan kortisol, yang mempengaruhi aliran darah ke kulit dan memperbaiki kulit. Rasa marah, frustasi, kecewa, apapun bentuknya, ia dapat menjadi pembatas antara Kamu dan kulit bersinar yang diinginkan.

5. Tidak Cukup Tidur

Apa pun yang menyebabkan Kamu terjaga sepanjang malam, entah itu stres atau tidak, itulah yang menjauhkan Kamu dari kulit yang diinginkan. Tidur adalah waktu restoratif tubuh, ketika sel kulit memperbaiki diri dan regenerasi. Jika periode ini dipersingkat atau diubah, sel kulit tidak dapat tampil optimal. Hal ini dapat menyebabkan perubahan peredaran darah, seperti lingkaran mata menjadi gelap, kulit pucat, kering, bersisik, dan perubahan produksi minyak, serta pengelupasan kulit. Sekarang Kamu memiliki satu alasan lagi untuk tidur lebih awal setiap malam.

6. Lingkungan Kotor

Di luar kebiasaan Kamu sendiri, lingkungan yang kotor, seperti polusi udara dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang tidak terlindungi. Selain itu, kelembaban udara yang rendah dan angin juga merupakan masalah bagi kulit. Jika Kamu hidup di daerah dengan tingkat asap yang tinggi, beberapa latihan olahraga dapat melawan efek dari lingkungan ini. Aerobik dapat meningkatkan sirkulasi pada kulit, yang membantu pertukaran nutrisi dan menghilangkan racun pada sel kulit. Kamu dapat menambahkan latihan di gym ke dalam rutinitas, dan bersiap-siaplah untuk melihat perbedaan yang besar pada kulit Kamu.

7. Penggunaan Alat Makeup yang Salah

Hal lain yang dapat membuat kulit Kamu menjadi kusam adalah makeup yang menyebabkan kulit kamu semakin kering. Selain itu, Kamu juga dianjurkan untuk tidak menggunakan cairan pembersih wajah yang mengandung alkohol. Cobalah untuk mencari cairan pembersih wajah yang dapat menghapus riasan dan melembabkan wajah di waktu bersamaan.

8. Kamu Kurang Memakan Makanan Bergizi dan Melakukan Diet

Pepatah yang mengatakan bahwa Kamu adalah apa yang Kamu makan itu benar. Termasuk apa yang Kamu masukan ke dalam tubuh akan tercermin melalui kulit. Jika tujuannya adalah menghasilkan kulit bersinar, jauhilah makanan asin dan gorengan. Makanan ini meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan. Beberapa ahli diet menyarankan untuk memakan makanan dengan bahan-bahan yang tinggi gula dan lemak, antioksida, protein berkualitas tinggi, asam lemak esensial, dan tanpa serat. Banyak makanan yang dapat menyenangkan perut sekaligus kulit Kamu beberapa di antaranya adalah blueberry, cranberry, dan kacang merah. Sedangkan alpukat, kenari, jeruk, dan kiwi dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah kecukupan air dalam tubuh. Jika kebutuhan akan air tidak diperhatikan, bukan tak mungkin bagian paling luas dari tubuh ini akan mengalami kekeringan dan terlihat keriput. Perilaku lain seperti pola tidur, olahraga, cara membersihkan, bagaimana menutrisi kulit dari luar, serta melindunginya dari paparan sinar matahari juga ikut menentukan.

Banyak dari kita yang lebih memilih cara memutihkan wajah dengan cepat melalui suntik putih atau mengkonsumsi obat-obatan untuk memutihkan kulit wajah. Namun sebenarnya anda tidak perlu bersusah payah seperti itu, cukup dengan mengikuti panduan cara memutihkan kulit wajah secara alami saja sudah terlihat manfaatnya. Selain hemat biaya, juga meminimalisir infeksi terhadap obat-obatan atau bahan berbahaya lainnya yang bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

6 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami Dan Mudah

cara memutihkan kulit wajah secara alami

1. Memakai Kentang

Cara memutihkan kulit wajah secara alami yang pertama adalah. Caranya yaitu dengan memarut kentang sampai halus, kemudian peras kentang tersebut untuk mendapatkan sarinya. Kemudian ambil sari tersebut lalu oleskan pada area sekitar wajah atau bagian tubuh lainnya. lalu diamkan terlebih dahulu hingga kurang lebih 20 menit dan kemudian basuhlah menggunakan air hangat dan diteruskan dengan air dingin.

Cara ini sangat efektif jika Kamu mengaplikasikannya secara rutin, yaitu sesaat sebelum Kamu tidur. Pemakaian bahan kentang ini sangat cocok untuk sekali bagi Kamu yang memiliki jenis kulit yang normal.

2. Gunakan Masker Dari Lemon dan Madu

Mencampurkan madu dan lemon artinya kamu membuat ramuan yang mampu mengelupaskan sel kulit mati sekaligus membuat kulit lebih bersinar. Kedua bahan ini akan membuang sel-sel kulit mati dari permukaan kulit sekaligus memunculkan kulit yang lebih bersinar di bawahnya.

Madu juga berperan sebagai pelembap alami kulit sehingga mampu mengurangi kekuatan lemon yang bisa membuat kulit kering. Gunakan masker ini pada wajah selama 20 menit kemudian basuh hingga bersih. Jika perlu, tambahkan oatmeal pada ramuan ini agar sel kulit mati dari kulit hilang maksimal. Selama membersihkan kulit wajah dari masker ini, lakukan pijatan lembut melingkar dengan menggunakan ujung jari. Yaitu cara memutihkan kulit wajah secara alami yang kedua.

3. Gunakan Jeruk Nipis

Cara memutihkan kulit wajah secara alami dengan jeruk nipis karena dalam jeruk nipis terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Cara penggunaannya yaitu Kamu harus menyiapkan satu buah jeruk nipis dan satu butir telur ayam. Jeruk nipis diperas kemudian air perasannya dicampurkan degan putih telur. Kemudian lulurkan campuran tersebut secara merata pada area kulit. Diamkan kira-kira kurang lebih 20 menit kemudian cuci muka Kamu dengan bersih menggunakan air hangat. Cara memutihkan kulit wajah dengan metode ini sangat baik bagi Kamu yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak. Kamu juga bisa menggunakan madu khusus untuk jenis kulit ini.

4. Gunakan Bengkoang

Sudah tidak asing lagi mendengar kata bengkoang, buah bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan serta untuk menjaga kulit wajah agar bersih, jernih dan makin tampil cantik bagi kaum hawa.

Caranya sangat gampang yaitu dengan memarut buah bengkoang dan memerasnya untuk diambil sarinya. setelah itu, sari yang sudah terkumpul kemudian biarkan terlebih dahulu sehingga ada endapan-endapan didalam sari tersebut. Itulah Cara memutihkan kulit wajah secara alami yang ke empat.

5. Gunakan Susu

Susu adalah sumber yang kaya akan kalsium. Selain kalsium, susu juga memiliki fungsi yang penting dalam mengatur warna kulit wajah. susu bekerja merangsang melanosit, sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. dengan mengkonsumsi susu dapat membantu mencegah menghilang nya kadar kelembaban pada kulit wajah. ini dapat mencegah kulit kering yang dapat menyebabkan warna kulit muka menjadi gelap. Susu juga mengandung asam laktat yang mengurangi pigmentasi pada kulit yang membuat kulit terasa lebih ringan. Susu juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit ketiak dengan cepat. Itulah Cara memutihkan kulit wajah secara alami yang ke lima

6. Gunakan Yogurt

Itulah Cara memutihkan kulit wajah secara alami yang terakhir adalah yoghurt. Ternyata Yogurt kaya akan kandungan asam laktat dan juga memiliki sifat pemutih kulit yang memperlakukan hiper-pigmentasi kulit dengan menekan produksi melanin. Asam laknat mengandung alpha hydroxy acids (AHA). AHA sendiri berfungsi untuk membersihkan dan juga mengangkat sel-sel kulit mati serta dapat mencerahkan wajah. Kamu bisa mendapatkan yagurt di supermaket terdekat.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, tuangkan yogurt (polos, beli yang tanpa rasa) ke wadah. kemudian oleskan secara merata di kulit Kamu dengan disertai pijatan-pijatan lembut. Biarkan selama 4-5 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa mengulangi langkah ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah itulah beberapa cara memutihkan wajah dan tubuh dengan secara alami yang Kamu bisa coba dirumah, mungkin salah satu cara yang kami tulis di artikel ini ada yang cocok dengan tipe kulit Kamu. jika Kamu sudah mencobanya dan masih belum berhasil, mungkin rekomendasi produk dari kami dibawah ini bisa menjadi pilihan lain yang patut dicoba.