kesehatan Tips dan Trik

10 Tips Efektif !! Cara Pola Hidup Sehat Ditengah Kesibukan

cara pola hidup sehat

Cara Pola Hidup Sehat – Kesehatan adalah harta yang ternilai harganya. Karena dengan keadaan yang sehat lah kita dapat menjalankan segala aktivitas sehari-hari kita. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supranatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Tidak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tidak jarang diluar norma dan logika manusia. Tetapi sebenarnya menjaga diri agar tetap sehat tidaklah sulit, bahkan juga tidak memerlukan biaya sama sekali. Tetapi butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang mampu untuk tetap konsisten untuk menjalaninya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa sehat itu mahal, padahal sehat itu murah,  sakitnya yang mahal. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Melakukan hal – hal yang dapat mencegah penyakit. Banyak penyakit bersumber dari gaya hidup yang burukdari diri sendiri. Pola hidup yang tidak sehat ini terbentuk dari aktivitas sehari – hari yang berulang – ulang sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Apabila kebiasaan tersebut kamu lakukan secara terus – menerus, maka berbgai penyakit berbahaya seperti kanker, hipertensi dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah sekali menyerangmu. Tapi tenang, artikel berikut akan menyampaikan bagaimana cara pola hidup sehat. Simak hingga selesai.

Cara Pola Hidup Sehat

cara pola hidup sehat

1. Minum banyak air mineral

Apakah kamu tahu ? bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari. Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita.

Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air. Jika muncul tanda-tanda seperti misalnya; urine Anda berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Sangat lah disarankan untuk kita mengonsumsi 8 – 10 gelas air per harinya. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan minum segelas air sebelum makan dan sesudah makan.

2. Melakukan olahraga secara rutin

Apakah kamu sering berolahraga? Atau justru aktivitas sehari-harimu didominasi dengan duduk mengetik di depan komputer sepanjang hari tanpa aktivitas fisik? Para pakar kesehatan merekomendasikan agar kamu melakukan aktivitas fisik minimal 75 menit tiap minggunya dan mengencangkan otot setidaknya dua hari selama sepekan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa membantumu menjaga kesehatan tubuh. Misalnya seperti jogging, senam, sepeda santai, dan sebagainya. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan. Saat kamu menikmati suatu jenis olahraga, peluang untuk rutin melakukannya akan semakin besar lho! Berolahraga sebaiknya dilakukan selama 3 – 5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit saja cukup.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika kamu tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat kamu konsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak. Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.

Ahli gizi telah menyatakan bahwa semakin gelap warna sayuran, maka akan menyediakan kandungan gizinya semakin baik. Berkonsentrasi lah untuk memilih sayuran berwarna hijau tua, ungu tua, atau oranye tua, serta warna gelap lainnya.

4. Perbanyak makan makanan yang berserat tinggi

Makanan kaya akan serat dapat membantu kamu mengontrol kadar kolesterol serta membuat lebih cepat kenyang. Serat secara alami ada pada tanaman. Serat alami yang dikonsumsi manusia berasal dari buah, biji-bijian, dan sayur. Pada umumnya serat akan cepat melewati usus karena tidak dapat diproses tubuh.

Serat dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan tetap berfungsi dengan baik, menurunkan kadar kolesterol, serta mengurangi risiko pemyakit jantung dan diabetes. Orang yang mengonsumsi makanan cukup serat diasosiasikan dengan penurunan risiko stroke, kanker usus, dan penyakit jantung. Bagi kamu yang sedang diet, mengonsumsi makanan kaya serat diyakini dapat menjaga berat badan tetap ideal karena makanan ini membuat Anda cepat merasa kenyang dan mencegah konstipasi.

5. Cara Pola Hidup Sehat : Perbanyak makan kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang sebagai salah sau cara pola hidup sehat. Segala macam kacang (almond, kenari, dan kacang tanah) merupakan sumber asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan lemak yang baik yang dibutuhkan tubuh kita. Selain itu, asam lemak juga dapat membuat rambut, kulit, dan kuku kita tetap dalam keadaan sehat. Selain itu juga dengan omega 3 dapat membantu untuk cara menghiangkan ketombe secara alami dan aman. Selain itu kacang yang kamu konsumsi ternyata bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Soalnya kacang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang memengaruhi kesehatan kardiovaskular jantung. Apalagi nih buat kacang tanah yang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan asam oleat yang ramah terhadap kesehatan jantung.

6. Perbanyak makan makanan berprotein tinggi

Untuk menjalankan cara pola hidup sehat mengonsumsi makanan dengan tinggi protein sangatlah penting. Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut asam amino. Untuk mempertahankan kesehatan tubuh, setiap orang memerlukan asupan asam amino dalam jumlah besar.

Pada umumnya, pola makan yang seimbang dapat memenuhi kebutuhan protein setiap hari, sehingga tak dibutuhkan tambahan suplemen protein pada mereka yang sehat. Demikian juga vegetarian yang dapat memperoleh protein nabati yang berasal dari berbagai dari jenis tumbuhan.

7. Mengurangi konsumsi makanan instant

cara pola hidup sehat

Makanan instant baik makanan olahan atau makanan cepat saji memiliki nilai gizi yang tidak sempurna, adanya pengawet yang ditambahkan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Meski telah mendapat izin dari Balai Pengawas Obat dan Makanan tetapi kalau dikonsumsi secara terus – menerus dan dalam jangka waktu yang panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Bahkan juga penambahan garam yang berlebih harus kamu pertimbangkan sebelum mengkonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji terlalu sering.

8. Cara Pola Hidup Sehat : Menjaga kondisi psikis

Pergi kerja berangkat pagi – pulang malam tentunya membuat stres tak terhindarkan, apalagi ketika kerjaan di kantor menumpuk. Jika tidak bisa menjaga kondisi psikis terutama mengelola stres dengan baik kondisi semacam ini akan sangat mudah menyebabkan kamu depresi.

Untuk menjaga kondisi psikis sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Seperti kamu bisa mengambil waktu luang untuk berileksasi, yoga, meditasi, atau bahkan menjalani hobi yang belakangan ini jarang dilakukan lantaran sibuk bekerja.

9. Menjaga kebersihan untuk Cara Pola Hidup Sehat

Bakteri dan virus penyebab penyakit banyak berkembang di tempat yang kotor. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin bisa menjadi pola hidup sehat yang paling ampuh. Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya.

10. Istirahat yang cukup

Idealnya para pakar kesehatan menyarankan agar kamu tidur minimal 8-9 jam sehari. Istirahat cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan suka begadang ya. Selain mencukupi waktu tidur minimal 8 jam, kamu juga harus tidur secara teratur. Usahakan tidur dan bangun dengan jam yang sama setiap harinya. Ini sangat penting agar tubuh lebih siap kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja.

Baca Juga : Cara menghilangkan Jerawat Alami dan Efektif