kesehatan Tips dan Trik

15 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

manfaat buah kelengkeng

Manfaat buah kelengkeng – Buah kelengkeng atu lengkeng memiliki ukuran yang kecil. Namun dibalik ukurannya yang kecil ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Hal ini yang menjadikan buah kelengkeng sangat digemari berbagai kalangan, khususnya bagi anak-anak yang menyukai rasa manis. Selain memiliki rasa yang manis, buah kelengkeng menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat sekali bagi tubuh kita seperti vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, lipids, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, proyein, karbohidrat, energi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam buah kelengkeng. Sehingga banyak sekali manfaat buah kelengkeng bagi tubuh kita yang perlu anda ketahui.

Pohon kelengkeng dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 40 meter, dengan diameter batangnya hingga mencapai sekitar 1 meter. Daun buah kelengkeng terdapat bulu- bulu rapat pada bagian aksialnya. Buah kelengkeng berbentuk bulat, berwarna coklat agak kekuningan. Tekstur kulit buah kelengkeng terasa berbintil kasar, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan sedikit berwarna bening. Sedangkan kulit biji dari buah kelengkeng berwarna coklat kehitaman serta mengkilat. Bau dari buah kelengkeng terbilang khas.

Cara menanam buah kelengkeng agar cepat tumbuh dan berbuah yaitu dilakukan pemberian pupuk booster. Pupuk booster merupakan pupuk yang mempunyai kandungan potassium klorat. Potassium klorat itu sendiri adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan mercon atau bom. Sehingga pupuk tersebut dapat membuat pohon kelengkeng cepat tumbuh dan berbuah.

Berikut ini manfaat buah kelengkeng yang perlu anda ketahui, mari simak artikel berikut ini sampai selesai cekidot…

manfaat buah kelengkeng

15 Manfaat buah kelengkeng bagi tubuh yang perlu anda ketahui

1. Mengandung banyak vitamin C

Buah kelengkeng mengandung vitamin C sebanyak 84 miligram per 3.5 ons. Jumlah ini mampu memenuhi 93 persen kebutuhan asupan vitamin C harian seorang pria, dan lebih dari 100 persen kebutuhan harian wanita. Bagi kalian yang sedang sariawan mungkin kelengkeng bisa meredakannya.

2. Sebagai anti depresan

Bagi kamu yang sedang lelah dengan rutinitas kuliah, di tambah dengan deadline yang setiap harinya terus menumpuk maka kondisi tubuhmu akan menjadi rentan terhadap serangn penyakit dan stress. Untuk mencegah itu semua, anda dapat mengambil manfaat dari buah kelengkeng. Buah kelengkeng memberi efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf bahakan mampu mengurangi rasa lelah.

3. Menangkal  radikal bebas

Di dalam buah kelengkeng terkandung polifenol (antioksidan) yang ampuh menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh dan juga mampu mencegah kerusakan sel-sel. Itulah sebabnya, mengapa orang yang rutin mengonsumsi buah kelengkeng mampu terhindar dari serangan kanker dan penyakit kronis lainnya.

4. Mencegah anemia

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya yaitu mencegah anemia. Hal ini diperantarai oleh kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat menunjang produksi sel- sel darah merah dalam tubuh, sehingga akan mencegah kita dari penyakit kekurangan darah atau biasa disebut anemia.

5. Sumber energi

Dibalik rasanya yang manis, buah kelengkeng banyak mengandung karbohidrat. Gula dan karbohidrat merupakan sumber energiyang mudah diserap oleh tubuh manusia. Jadi, ketika Anda lapar atau lelah setelah berolahraga, maka dengan mengonsumsi buah ini energi Anda akan cepat kembali.

6. Diet alami

Buah kelengkeng sangat rendah lemak dan kalori, bagi mereka yang ingin mengurangi lemak dari tubuh mereka mengonsumsi kelengkeng adalah solusi yang tepat. Kelengkeng juga mengandung karbohidrat kompleks yang meningkatkan energi,  stamina dan mengurangi nafsu makan. Setengah cangkir lengkeng mengandung hanya 35 kalori sehingga merupakan tambahan yang sehat untuk diet rendah kalori. 6. Sumber Vitamin C yang berlimpah.

7.  Mencegah penyakit jantung dan stroke

Organ jantung sangatlah penting dalam proses sirkulasi darah keseluruh tubuh manusia. Dengan mengonsumsi buah kelengkeng kemungkinan untuk terkena penyakit jantung akan semakin menipis ditambah lagi dapat mengurangi stress. Mengonsumsi buah kelengkeng akan merangsang fungsi limpa dan hati, sehingga dapat memberikan efek tenang pada sistem saraf dan mencegah stroke. Oleh karena itu orang dewasa disarankan mengonsumsi buah kelengkeng segar sekitar 3,5 ons per hari yang mana mengandung 807 mikrogram mineral. Artinya, mengonsumsi buah kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hampir 90 persen dari angka kecukupan gizi per hari.

8. Memperkuat tulang

Sebuah penelitian yang diterbitkan di tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan jika wanita yang sedang menuapose yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami risiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia mereka. Idealnya, orang dewasa harus memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak 900 mikrogram setiap hari.

9. Menetralkan racun

Manfaat buah kelengkeng juga dipercaya berkhasiat untu menetralkan racun dalam tubuh. Ketik racun berhasil di keluarkan, maka beban ginjal tidak terlalu berat sehingga  fungsi ginjal akan terjaga kesehatannya. Adalah jenis makanan paling sehat yang dapat dikonsumsi makhluk hidup terutama kita sebagai manusia, dalam setiap satu biji buah mengandung puluhan manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh bagi mereka yang mengonsumsinya.

10. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah kelengkeng pada kulit adalah mencegah kerutan kulit terutama kerutan di dekat mata selain itu juga meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mncerahkan warna kulit. Hal itu dikarenakan buah kelengkeng mengandung senyawa anti aging.

11. Menjaga kesehatan rambut

Selain manfaat buah kelengkeng, ternyata biji mengandung Zat saponin yang terkandung  dalam biji buah kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

12. Baik untuk kesehatan mata

Riboflavin adalah jenis vitamin penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Seorang pria memerlukan 1,3 mg vitamin setiap harinya. Sementara perempuan 1,1 mg. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Archives of Ophthalmology”, tidak mengkonsumsi riboflavin dalam jumlah yang memadai dapat meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak. Sedangkan dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng kering bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38 persen untuk pria dan 45 persen untuk wanita berdasarkan angka kecukupan gizi per hari.

13. Meningkatkan performa seksual

Bagi masyarakat Tiongkok, mengonsumsi kelengkeng tidak hanya baik untuk kulit, namun juga bisa digunakan sebagai obat kuat agar tahan dalam berhubungan seksual. Buah kelengkeng juga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi wanita Tiongkok karena tidak hanya memberikan manfaat bagi kecantikan namun juga bermanfaat untuk kepuasaan seksual – sudah menjadi tradisi turun temurun selama 2000 tahun lalu.

14. Peluruh kencing batu

selain daun dan batang, akar pohon klengkang berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah.

15. Mengobati luka luar yang tak kunjung sembuh

Kadang luka yang kita peroleh karena suatu kegiatan kecil. Mengobati luka luar dengan cara ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan apabila sering mengonsumsi buah, dan kelengkeng adalah satu dari sekian banyak buah yang dapat kita jumpai dimanapun. Tidak hanya rasanya yang manis dan enak kita mengonsumsinya, melainkan juga mempertimbangkan manfaatnya yang sangat baik.

Selain mengandung manfaat buah kelengkeng juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Bahaya Mengonsumsi Buah Kelengkeng Berlebih

manfaat buah kelengkeng

1.  Meningkatkan kadar gula

Kandungan zat fruktosa yang cukup kuat pada buah kelengkeng dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam memproses pemecahan lemak dan Asam urat sehingga memicu tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi sangat mudah terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat diabetes walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang pada seseorang yang tidak memiliki keturunan diabetes, hal ini terjadi jika mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan.

2. Kegemukan

Buah kelengkeng cocok bagi kita yang sedang diet, namun karbohidrat pada buah kelengkeng dapat membentuk jumlah gula menjadi meningkat dan mengubahnya menjadi lemak. Jika mengkonsumsi buah kelengkeng secara berlebihan dan dalam jangka panjang maka anak anak atau dewasa dapat mengalami peningkatan bobot tubuh atau kegemukan.

3. Nafsu makan berkurang

Buah kelengkeng mengandung zat kalium dan Karbohidrat yang tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari maka akan menyebabkan kehilangan nafsu makan. Buah kelengkeng memiliki efek mengenyangkan dan ketagihan yang berpotensi menyebabkan seseorang tidak mau lagi makan nasi setelah makan buah kelengkeng.

Sekian artikel tentang manfaat buah kelengkeng dan bahaya dari buah kelengkeng yang perlu anda ketahui dan anda waspadai.