Puasa Tips dan Trik

5 Menu Berbuka Puasa Yang Bikin Kangen. Mana Yang Kamu Kangenin ???

Menu Berbuka Puasa – Berbicara tentang buka puasa, adalah sebuah kegiatan untuk membatalkan puasa di waktu magghrib dengan memakan makanan atau minuman yang halal dan secukupnya, serta dengan menjalankan sunah – sunah Nabi Muhammad SAW. Istilah buka puasa tidak asing lagi bagi orang yang mengerjakan ibadah puasa, ibadah yang di laksanakan tiap tahun sekalipada bulan Ramadhan.

Buka puasa identik dengan penyajian berbagai macam bentuk makanan dan minuman yang hampir tidak di temukan dalam bulan – bulan lain, selain bulan Ramadhan. Seolah buka puasa menjadi sebuah waktu perhelatan besar untuk menjamu tamu – tamu istimewa, terkesan mewah. Disetiap rumah, bahkan musholla atau masjid, masing – masing mengeluarkan seluruh kemampuanya untuk menyajikan hidangan paling istimewa untuk menu berbuka puasa.

Baca Juga : Menu Buka Puasa Khas Indonesia

Sebelum berbuka, ngabuburit tentu menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Bahkan saat ini ngabuburit menjadi lifestyle yang menyatukan beragam orang di sudut kuliner di tepi jalan atau foodcourt dan mal-mal. Umumnya, ngabuburit di isi dengan berburu jajanan, es, hingga makanan berat sebagai menu berbuka puasa yang akan disajikan saat berbuka puasa.

Kalau di Indonesia sih menu – menu semacam es dawet, es cincau, es kelapa muda, timun suri, kolak pisang, dan lain sebagainya menjadi menu andalan di beberapa wilayah. Tapi, bagaimana  ya menu buka puasa di negara lain selain di Indonesia ?

Menurut beberapa sumber, di belahan dunia sana terdapat beberapa menu istimewa dan unik yang sering di buru dan di sajikan sebagai menu berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Berikut menu – menu unik di dunia yang hanya ada di bulan Ramadhan saja :

Menu Unik Buka Puasa Di Berbagai Belahan Dunia

1. Fesenjan

menu berbuka puasa

Fesenjan atau Fesenjoon adalah makanan khas dari Iran yang juga disajikan sebagai menu berbuka puasa. Fasenjoon menggunakan bahan dasar unggas, seperti bebek, ayam, dan burung dara. Dimasak dengan menggunakan paduan sirup dari delima dan kenari sebagai bahan campuran, Fasenjoon biasa disajikan dengan nasi yang masih hangat. Uniknya, makanan ini mirip dengan gudeg, yang apabila disimpan lama, rasanya semakin enak.

2. Harira

menu berbuka puasa

Harira adalah makanan menu berbuka puasa khas penduduk Maghribi di Afrika Utara. Variasi makanan ini cukup banyak, namun Harira dikenal sebagai soup khas dengan menggunakan daging domba sebagai bahan utamanya. Harira boleh disajikan dengan dicampur dengan berbagai macam sayuran atau mie. Dilengkapi dengan bumbu – bumbu rempah herbal khas Afrika Utara yang katanya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

3. Pakhora

menu berbuka puasa

Makanan menu berbuka puasa ini adalah makanan khas dari India yang sangat lezat. Bentuknya mirip seperti jamur crispy kalo di Indonesia. Namun makanan ini biasa disajikan sebagai menu pembuka atau makanan ringan saja. Pakhora banyak di jumpai di bulan Ramadhan, bahan Pakhora ini tidak susah didapatkan. Makanan ini terbuat dari tepung, aneka macam rempah-rempah dan potongan sayur – mayur sebagai adonannya.

4. Full Medames

menu berbuka puasa

Menu buka puasa khas Mesir ini merupakan makanan warisan turun temurun sejak jaman Firaun. Makanan ini cukup terdiridari beraneka ragam bahan dan pembuatannya sangatlah mudah. Namun kamu harus bersabar karena dalam proses pembuatannya Kamu harus merendam dan mendidihkannya terlebih dahulu sebelum dapat di santap menjadi menu buka puasa.

5. Lahm Lhalou

menu berbuka puasa

Jika Kamu bukan pecinta makanan asin atau memiliki riwayat darah tinggi, maka mungkin Kamu akan menyukai menu makanan buka puasa ini. Lahm Lhalou adalah masakan khas Arab yang konsepnya berawal dari daging manis. Dianjurkan saat memasak makanan ini tidak perlu menambahkan garam. Makanan ini dimasak hanya dengan beberapa bumbu sederhana yang mudah kita jumpai seperti campuran jahe, jeruk, almond, dan kismis.

Selain berbicara dengan menu buka puasa unik dari berbagai belahan dunia pasti kalian pernah kan merasa kangen dengan sesuatu menu yang hanya bisa di dapatkan pada bulan Ramadhan ini saja bukan ?

Ada banyak sekali menu buka puasa yang amat menggugah selera. Kamu bisa mendapatkannya secara mudah di penjual pinggir jalan atau masak sendiri di rumah. Untuk menyambut bulan Ramadan 2018 yang tinggal hitungan jari ini, berikut daftar menu buka puasa yang pasti sudah kamu tunggu tunggu kehadirannya!

Baca Juga : Menu Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

5 Menu Berbuka Puasa Yang Bikin Kangen

1. Kurma

menu berbuka puasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa kurma dan teh manis hangat juga menjadi favorit untuk disantap saat berbuka puasa.. Keduanya menyehatkan karena dapat menggantikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa sekitar 14 jam. Selain memiliki kandungan kalori dan gula yang mampu mengembalikan stamina tubuh dengan cepat, kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh. Pada umumnya, tiga biji buah kurma terasa cukup menjadi takjil sebelum makanan utama.

2. Kolak Pisang

menu berbuka puasa

Kolak pisang adalah makanan khas Ramadan yang wajib dihidangkan saat berbuka puasa. Kudapan ini memiliki cita rasa yang khas karena rasa manisnya yang berasal dari gula merah. Rasa manis ini terasa seimbang dengan gurihnya santan kelapa dan sedikit asam dari buah pisang. Selain segar dan manis, kolak terasa menyehatkan. Isinya membuat perut cepat kenyang. Seperti pisang, labu, ubi, dan kolang-kaling. Rasanya yang manis disukai banyak orang, apalagi bila disajikan saat panas. Bagi penyuka minuman dingin, kolak juga bisa ditambahkan es batu sesuai selera. Hampir di setiap penjuru kota di Indonesia banyak otang yang berjualan kolak terutama kola pisang.

3. Es Buah

menu berbuka puasa

Siang hari, seringkali kita menelan ludah ketika melihat iklan sirup yang menampilkan es buah. Segalanya tampak menyegarkan. Es buah menjadi menu berbuka puasa yang paling dinanti karena kesegarannya. Es buah segar juga menjadi takjil favorit orang Indonesia saat berbuka puasa. Takjil yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di bulan Ramadan. Campuran buah-buahan segar, sirup cocopandan, susu, dan es batu ini memang dapat memberikan kesegaran saat berbuka. Buah, sirup, dan susu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga bisa mengembalikan kadar gula dengan cepat saat berbuka puasa.

4. Gorengan

menu berbuka puasa

Seperti sayur tanpa garam, puasa rasanya tak afdol bila tak ada gorengan. Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan gorengan sebagai menu wajib berbuka. Gorengan adalah menjadi menu berbuka puasa yang paling favorit oleh hampir semua orang Indonesia. Aneka jenis gorengan seperti bakwan jagung, pisang goreng, tempe mendoan, hingga tahu isi yang renyah dianggap sempurna untuk mengembalikan selera makan setelah berpuasa seharian. Apalagi bila gorengan ini disantap dengan teh manis hangat bersama keluarga. Selain simpel, rasa gorengan membuat ketagihan. Sebagian merasa gorengan cukup menggantikan rasa lapar seharian, dibandingkan harus langsung makan berat.

5. Bubur Candil

menu berbuka puasa

Bubur candil merupakan salah satu hidangan tradisional yang populer menjadi menu berbuka puasa. Hidangan manis yang kaya akan gula dan karbohidrat ini sangat baik untuk mengembalikan stamina tubuh. Bubur candil berisi ubi jalar dan tepung tapioka yang dibentuk-bentuk seperti kelereng yang kemudian ditambah saus santan yang lezat. Satu mangkuk kecil bubur candil amat cukup untuk mengisi perut kamu yang seharian kosong.