Puasa resep Tips dan Trik

7 Menu Buka Puasa Wajib Ada Di Indonesia Mana Favoritmu ??

menu buka puasa

Menu Buka Puasa – Tidak terasa bulan suci Ramadhan sebentar lagi tiba. Sudah siapkah kalian untuk menyambut nya ? Banyak orang yang menyambut akan kedatangan bulan suci Ramdhan dengan berbagai macam kegiatan. Kegiatan yang paling sering di lakukan sebelum bulan suci Ramadhan tiba di Indonesia, adalah banyak masyarakat yang pergi ziarah kubur. Mereka beramai – ramai mendatangi makam para sanak saudara kemudian membersikhkan makam nya. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu para ibu rumah tangga pasti banyak berbelanja berbagai bumbu dan bahan makanan untuk menu buka puasa atau pun sahur keluarganya. Hal itu di karenakan biasanya pada bulan suci Ramadhan harga kebutuhan pokok cenderung naik, hal tersebut selalu terjadi setiap tahunnya.

Yang paling penting untuk menyambut bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan hidayah adalah berbenah menjadi pribadi yang baik, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan seluruh amalan baik yang di wajibkan atau yang di sunahkan oleh-Nya untuk menebus dosa – dosa kita sebelumnya.

Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya. Setiap suku mempunya ciri khas yang berbeda, tentu dengan makanan mereka. Dalam bulan Suci Ramadhan mereka sering menyajikan menu buka puasa favorit dari masing – masing daerah mereka. Mulai dari makanan manis hingga yang berasa pedas, mulai dari makanan ringan hingg makanan berat semua tersedia hanya ada pada bulan Ramadhan dan belum tentu ada di bulan – bulan lainnya.

Berikut menu buka puasa yang wajib ada dari berbagai daerah di Indonesia, mana yang menjadi favorit kalian ?

7 Menu Buka Puasa Wajib di Indonesia

1. Kurma

menu buka puasa

Kamu pasti tidak asing dengan buah kurma bukan ? yups… buah ini sering tersedia di bulan suci Ramadhan terutama saat menu buka puasa. Meskipun buah yang satu ini bukanlah asli dari Indonesia, namun dapat dengan mudah di jumpai di negeri kita tercinta ini. Kamu dapat menemukannya di toko buah atau di minimarket di sekitar rumah kalian lho. Harganya pun cukup terjangkau, dengan uang 20 ribu Kamu  sudah bisa membawa pulang kerumah.

Negara urama penghasil kurma adalah Arab Saudi, karena kurma umumnya tumbuh di daerah padang pasir. Ada banyak sekali varian buah kurma, saat ini jenis kurma yang paling mahal adalah kurma Nabi atau kurma Ajwa. Bahkan harga perkilo kurma ajwa bisa mencapai 500 ribu per kilo, sangat berbeda dengan kurma lain yang tersedia di pasaran.

Kurma memiliki banyak manfaat, sehingga tidak salah Nabi kita Muhammad SAW menjadikan kurma sebagai makanan favorit beliau. Setelah di teliti kandungan nutrisi dan zat pada kurma memang sangat kompleks dan sangat baik untuk kesehatan.  Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi, selain itu kurma dapat menambah stamina yang paling dahsyat ternyata kurma dapat menjaga kesehatan jantung bahkan kesehatan sistem syaraf.

2. Kolak

menu buka puasa

 

Selain iklan sirup, kolak adalah salah satu menu yang hadir sebagai penanda datangnya bulan Ramadhan. Seperti sudah mencuci seluruh isi otakmu, kolak bahkan bisa jadi salah satu menu yang kamu cari pada bulan Ramadhan. Hampir semua penjual takjil menjual kolak baik kolak pisang maupun kolak ubi. Kolak dangat enak dinikmati baik dalam keadaan dingin atau hangat. Teresa nikmat setelah mendengar suara adzan maghrib kemudian menikmati segelas kolak pisang bukan ?

Bagi ibu – ibu rumah tangga di rumah yang ingin membuat kolak pisang berikut resep sederhana :

Bahan – bahan :

  1. 10 buah pisang raja / pisang kepok (kupas dan potong serong)
  2. 2 buah nangka
  3. 350 gr ubi kuning
  4. 150 ml Santan kelapa
  5. 1 liter air putih
  6. 6 sdm gula pasir
  7. 6 sdm gula merah
  8. 2 lembar daun pandan
  9. Fanili 1/4 sendok teh
  10. Santan siap saji
  11. Garam secukupnya (agar rasanya gurih)

Cara Membuat :

  1. Rebus air bersama dengan ubi kuning, sampai ubi lunak.
  2. Masukan santan, gula pasir, gula merah, garam, fanili, dan daun pandan. Gunakan api kecil dan aduk perlahan.
  3. Masukan potongan pisang, tunggu sebentar
  4. Kolak pisang siap disajikan.

3.  Opor ayam

menu buka puasa

Menu buka puasa wajib saat Ramadhan belum lengkap tanpa kehadiran opor ayam. Perpaduan gurihnya santan dan lezatnya ayam membuatnya pendamping ideal untuk menyantap ketupat bersama dengan sayur labu dan sambal goreng ati.

Agar aroma amis dan ayam sirna, lengkapi opor ayam Anda dengan daun jeruk yang menyegarkan. Jangan lupa. serta beberapa rempah-rempah yang wajib Anda sertakan dalam masakan ini, seperti ketumbar, jinten, kemiri dan jahe. Tambahkan telur ayam rebus pada opor ayam agar terasa lebih gurih dan maksimal. Bagi Kamu yang ingin memasaknya sendiri di rumah berikut resep mudan nya untuk membuat opor ayam.

Bahan-bahan:

  • 4 paha ayam
  • 300 ml santan cair
  • 100 ml santan kental
  • 1 daun serai
  • Laos
  • 1 sdm gula merah
  • Minyak goreng
  • Daun jeruk
  • Garam

Bahan bumbu halus:

  • Ketumbar bubuk
  • Jinten bubuk
  • 4 kemiri
  • Jahe
  • 4 cabai merah
  • 6 bawang merah
  • 4 bawang putih

Cara Membuat :

  1. Blender semua bahan bumbu ketumbar bubuk, jinten bubuk, kemiri, jahe, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih hingga halus bersama 2 sendok makan minyak goreng
  2. Oseng bumbu di atas wajan berapi sedang yang telah dilumuri 4 sendok makan minyak goreng. Tumis sampai harum. Hati-hati jangan sampai gosong.
  3. Masukkan ayam ke dalam wajan. Lumuri dengan bumbu hingga harum. Masukkan daun laos, daun serai dan 3 lembar daun kari.
  4. Tambahkan santan cair, garam dan gula merah. Biarkan selama 15-20 menit dalam api sedang agar ayam matang secara merata. Jika kurang kental, tambahkan santan kental. Sajikan.

Baca Juga : Menu Buka Puasa Yang Bikin Kamu Kangen

4. Bubur Kampiun

menu buka puasa

Makanan khas Minangkabau ini juga selalu hadir di menu buka puasa selama Ramadhan. Bubur kampiun atau biasa juga disebut bubur campur ini memang mempunyai isian yang lengkap. Bubur bercita rasa manis ini terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam. Rasa manisnya yang khas membuat bubur kampiun disukai banyak orang bukan hanya orang Minangkabau saja.

Tidak seperti bubur manis lain yang hanya terdiri dari 1 jenis. Bubur kampiun memadukan 5-6 bubur manis sekaligus dalam tiap penyajiannya. Diantaranya bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau, bubur candil, dan ketan putih kukus.

Racikan ini bisa bervariasi antar daerah di Padang. Ada yang mengganti ketan putih kukus dengan lupis ketan putih. Dan ada pula yang mengganti bubur candil dengan bubur delima.

5. Sate Susu

menu buka puasa

Ramadan memang bulan yang istimewa. Di beberapa tempat di Indonesia memperlakukan bulan suci umat Islam ini dengan berbagai cara. Salah satunya contohnya adalah di Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat. Di wilayah ini para pedagang memanfaatkan bulan ramadan dengan menjual beragam minuman dan makanan, termasuk sate.

Sate susu adalah menu buka puasa khas dari pulau dewata. Di Bali sate susu selalu jadi makanan yang dinantikan selama bulan puasa. Sebenarnya sate susu ini terbuat dari bagian susu sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Biasanya penjual sate susu ini akan banyak ditemui di pasar-pasar kaget penjaja makanan buka puasa.

Sesuai namanya sate susu ini bahan dasarnya adalah puting-puting susu sapi. Bagian susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu kemudian direbus lalu dibumbui. Bumbu sate ini berbeda dengan sate ayam atau kambing yang menggunakan saos kacang dan kecap, sate susu ini memakai bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan. rempah-rempah yang dipakai sebagai bumbunya adalah kencur, cabai merah, cabai rawit dan  bawang putih.

Sate eksklusif ini bisa diperoleh di sepanjang Jalan Ahmad Yani Denpasar Barat tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman. Untuk menikmati seporsi sate paling langka ini, kita tak perlu merogoh kocek yang dalam.

Baca Juga : Cara Menguruskan Badan

6. Ketan Bintul

menu buka puasa

Menu buka puasa khas yang selalu hadir saat buka puasa di daerah Serang, Banten adalah ketan bintul. Ketan bertabur serundeng ini jadi menu buka puasa yang wajib ada nih. Rasa gurih, manis, dan sedikit pedas ini memang cocok untuk dijadikan menu buka puasa.

Bagi sebagian warga Banten, ketan bintul merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi saat Ramadan tiba. Ketannya yang lembut dan gurih menjadikan makanan ini paling banyak diburu warga untuk dijadikan menu favorit berbuka puasa. “Pasti selalu ramai kalau masyarakat lagi ngabuburit,” ujar salah seorang pedagang ketan bintul di Pasar Lama, Kota Serang, Asriah.

Dia menjelaskan, bahan dasar untuk membuat ketan bintul tidak sulit, yaitu ketan, daging sapi atau kerbau, santan dan bumbu lainnya. “Ditambahkan kuah semur daging untuk penyajiannya agar terasa lebih gurih,” ujarnya.  Dia mengatakan, ketan bintul merupakan makanan perpaduan antara irisan ketan putih yang ditaburi serundeng berupa kelapa parut yang disangrai dengan rempah-rempah. Oleh warga Kota Serang, ketan bintul biasanya disajikan dengan kuah rendang daging sapi dan kerbau.

“Keunikan dari ketan bintul hanya diproduksi setahun sekali atau pada bulan puasa saja. Sedangkan pada hari biasa makanan ini tidak diproduksi,” ucapnya. Dia menjelaskan, ketan bintul dibuat dengan cara menumbuk adonan dari beras ketan hingga adonan menjadi padat. Setelah itu beras ketan yang sudah ditumbuk kemudian dikukus dengan santan kental dan beragam rempah. Setelah matang, ketan kemudian dipindahkan ke dalam wadah, lalu dipotong- potong persegi menjadi beberapa bagian.

7. Jojongkong

menu buka puasa

Jojokong makanan khas Lampung ini juga selalu hadir selama bulan Ramadhan. Menu takjil jojongkong ini sebenarnya mirip dengan bubur sumsum. Jojongkong ini punya rasa manis dan gurih campuran antara rasa santan plus gula merah. Bubur jojongkong ini juga kuliner warisan Tionghoa yang jadi menu favorit selama bulan puasa.

Perlu Kamu Ketahui : Menu Buka Puasa Sederhana Dan Praktis