resep

Resep Donat Kentang Praktis Dan Cara Mudah Membuatnya

cara membuat donat kentang

resep Donat Kentang praktis – Donat merupakan panganan yang sering kita temukan di pasar atau warung-warung  yang biasa menjual jajanan pasar, donat terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula dan mentega. Donat yang sering kita jumpai biasanya berbentuk cincin dengan bermacam-macam toping diatasnya, ada yang membuat dengan toping messes ada juga gula dan masih banyak lagi.

Seperti yang banyak kita temui, donat pasti berukuruan khas yaitu berbentuk seperti cincin dan bolong tepat ditengahnya. Donat berbentuk demikian diciptakan kapten asal denmark bernama Hanson Gregory. Kala itu sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai, kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan nya di roda kemudi kapal, sehingga donat tersebut menjadi bolong ditengahnya, dan kebetulan bagian tengah kue donat juga sering belum matang, sehingga sengaja dibuat berlubang agar tengah dari donat tersebut bisa matang

Donat yang di produksi industri kecil biasanya masih dijajakan dengan cara berkeliling dirumah-rumah ada yang berjalan kaki ada juga menggunakan sepeda atau sepeda motor. Sering juga kita temui pedagangan asongan di dalam bus yang menjajakan donat dalam kemasan kotak kecil. Donat jenis ini sering disebut donat kampung, untuk membedakan dengan donat-donat yang sering diperjual belikan di mall atau restoran. Selain donat biasa yang sering dibuat dipasaran, sekarang banyak pedagang donat menggunakan bahan baku kentang, karena kentang memiliki tekstur lembut dan lebih memberi rasa enak pada donat yang kita buat.

Resep donat kentang praktis empuk dan lembut

cara membuat donat kentang

Bahan-bahan

  • 200 gr tepung protein tinggi
  • 50 gr tepung protein rendah (segitiga biru)
  • 40 gr gula
  • 100 gr kentang rebus (haluskan)
  • 1 butirkuning telur
  • 6 grragi
  • 110 ml susu cair dingin
  • 40 gr mentega
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah membuat donat kentang praktis empuk dan lembut

  1. Masukan tepung, ragi, gula,kuning telur, susu dingin ke dalam wadah, uleni sampai rata… Setelah rata masukan mentega,.. uleni sampai kalis.
  2. Diamkan selama 30 menit dengan kain
  3. Setelah 30 menit, adonan mengembang 2 kali lipat, lalu kempiskan.
  4. Bagi adonan dan timbang menjadi 50 gr
  5. Bulat kan adonan, tutup dengan kain, diamkan selama 15 menit.
  6. Setelah 15 menit, pipih kan adonan dengan ketebal 1cm.
  7. Bolongi tengahnya
  8. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan api sampai paling kecil. Lalu siap di goreng
  9. Menggoreng donat cukup 1 kali bolak balik saja
  10. Donatnya empuk dan lembut

Baca Juga : Cara Membuat Donat Kentang Mudah Banget

Resep donat kentang praktis empuk dan tanpa telur

cara membuat donat kentang

Bahan-bahan

  • 150 gr tepung cakra
  • 120 gr tepung segitiga
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt fermipan
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air hangat
  • 40 gr margarin
  • Toping : coklat, messes, kacang
  • 3 sdm gula pasir diblender

Langkah membuat donat kentang praktis empuk dan tanpa telur

  1. Pertama campurkan tepung, fermipan, gula lalu aduk”,dan tuang susu cair sampai tercampur rata. Uleni sebentar sampai agak kalis
  2. Lalu masukan margarin dan uleni kembali hingga kalis
  3. Lalu diamkan tutup dengan plastik / serbet basah biarkan mengembang 2 kali lipat selama 40 menit
  4. Lalu bagi adonan sesuai selera. Dan lubangi bagian tengah dengan ibu jari. Diam kan kembali selama 15 -20 menit.
  5. Kemudian goreng dengan minyak banyak tapi api kecil. Cukup di balik sekali saja.
  6. Bisa juga ditaburi gula halus buatan sendiri

Resep Donat Kentang mini suka-suka

cara membuat donat kentang

Bahan-bahan

  • 15 sdm tepung terigu
  • 1 telur
  • 1/2 bks fermipan
  • 8 sdm gula pasir
  • 3 sdm margarin (cairkan)
  • 2 buah kentang
  • 2 sdm susu dancow bubuk

Langkah membuat donat mini suka-suka

  1. Kupas cuci kentang belah jadi 4 bagian lalu rebus hingga empuk
  2. Cairkan margarin
  3. Bila kentang sudah empuk tiriskan kentang & haluskan kentang
  4. Gula pasir & fermipan ditambah air panas tunggu hingga ragi berbuih
  5. Campur semua bahan tepung terigu margarin telur & beri sedikit demi sedikit air raginya
  6. Aduk rata semua bahan2 hingga kalis tidak menempel ditangan sambil dibanting2 adonannya
  7. Bila sudah tercampur rata tutup adonan dengan serbet selama kurang lebih 30menit
  8. Setelah 30menit adonan mengembang menjadi 2x lipat pukul2 adonannya supaya mengempes dan gas didalam adonannya menghilang
  9. Lalu bentuk adonan donat sesuai selera
  10. Setelah adonan dibentuk semua. Istirahatkan kembali donat – donat selama 15 menit tutup kembali dengan serbet
  11. Panaskan minyak goreng setelah minyak goreng benar – benar panas masukkan donat 1 persatu goreng hingga kecokelatan
  12. Bila sudah digoreng semua donat2nya diberi toping sesuai selera

Resep donat Kentang empuk menul-menul

cara membuat donat kentang

Bahan-bahan

  • 500 gr kentang kukus
  • 500 gr terigu protein tinggi
  • 1 saset fermipan
  • 100 gr gula
  • 4 butir Kuning telur
  • 50 ml air dingin
  • 100 gr margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gr susu bubuk

Langkah membuat donat Kentang (empuk menul-menul)

  1. Kukus kentang kurang lebih 30 menit, haluskan, dinginkan
  2. Siapkan semua bahan, cuci tangan.
  3. Campur terigu, gula, fermipan dan susu
  4. Masukan kentang
  5. Kemudian kuning telur lalu air. Ulenin hingga tercampur rata Dan 1/2 kalis
  6. Kemudian masukan margarine dan garam. Ulenin lagi hingga kalis. (Kurang lebih 20 menit)
  7. Jika sudah kalis, tutup adonan Dan diamkan selama 1/2 jam
  8. Setelah 1/2 jam adonan akan menggembang sebesar 2 kali lipat. Kempeskan
  9. Timbang seberat masing masing 70 gram
  10. Diamkan kembali selama 15 menit (adonan akan menggembang)
  11. Beri bolongan di tengah adonan kemudian langsung goreng
  12. Goreng dengan API kecil
  13. Dinginkan, kemudian beri topping.
  14. Note : margarine dan garam gak boleh ketemu fermipan.

Resep membuat Donat Enak empuk dan lembut

cara membuat donat kentang

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung terigu (segitiga biru)
  • 1 butir kuning telur
  • 2 biji kentang (di kukus)
  • 1 sacet susu bubuk dancow putih
  • 1 sdm fermipan agak full (ragi instan)
  • 2 sdm margarin (di lelehkan)
  • 3 sdm full gula pasir
  • Sejumput garam
  • Susu cair dingin secukupnya untuk ngulenin

Langkah membuat donat Kentang  Empuk dan Lembut

  1. Masukkan bahan: tepung,kentang yg udah di kukus dan di haluskan menggunakan garpu,kuning telur,susu bubuk,gula pasir,ragi instan dan susu cair untuk nguleni,setelah semua tercampur uleni hingga kalis susu cairnya masukin sedikit demi sedikit ya,,jangan sampe kelembutan,
  2. Setelah kalis masukkan margarin yg sudah di lelehkan dan garam,uleni lagi hingga tercampur rata dan bener2 kalis dan kalo masih agak lembek bisa di tambah tepung tapi sedikit saja,lalu banting2 sampe adonan tidak terasa lengket di baskom dan tangan.
  3. Setelah itu tutup adonan menggunakan plastik dan di atasnya tutup lagi menggunakan kain bersih,dan di basahin,supaya lembab selama kurang lebih 1 jam sampe adonan mengembang 2x lipat
  4. Setelah mengembang pukul2 hingga kempes dan bulat2in sesuai selera,di loyang beri taburan tepung supaya tidak lengket,diamkan sebentar lalu lubangin tengahnya,
  5. Goreng dengan teflon dan api kecil saja,jangan di bolak balik,sekali saja di baliknya supaya minyak tidak meresap
  6. Setelah matang,angkat dan tiriskan setelah dingin baru deh kasih toping

demikian resep-resep donat kentang yang dijamin ga nyesel buatnya, bikin ketagihan dan gak banyak ngeluarin modal. yuk bunda coba buat dirumah daripada anak-anak nya jajan yang mungkin kurang sehat diluar rumah, mending dibuatin donat kentang dengan berbagai toping seunik mungkin biar anak-anaknya tertarik buat makan, dan anaknya lebih milih donat buatan bunda dibanding beli jajan diluar. selamat mencoba resep donat kentang nya bunda.